Gempa Melanda Waingapu


Ilustrasi
Gempa berkekuatan 6,4 pada skala richter (SR), mengguncang Kota Waingapu, Sumba Timur dan sekitarnya, Senin (13/7/2009) sekitar pukul 17.52.21 Wita. Pusat gempa berada pada lokasi 9.44 LS dan 119,32 BT atau 107 km barat Kota Waingapu pada kedalaman 86 km. Pusat gempa berada di darat, sehingga tidak berpotensi tsunami. Belum diketahui adanya kerusakan akibat gempa tersebut.
Pusat gempa lebih dekat ke Sumba Barat Daya, sehingga getaran lebih keras dirasakan di daerah itu dan sekitarnya. "Untuk kota Waingapu dan sekitarnya, getaran III-IV MMI. Sedangtkan Lewa hingga Sumba Barat Daya getarannya lebih besar, yakni IV-V MMI karena lebih dekat dengan episentrum gempa.

Sejauh ini, belum diketahui kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Namun hasil konfirmasi sementara dengan Waikabubak dan petugas di Sumba Barat Daya dan sampai sekarang belum ada laporan tentang kerusakan.

Besar kecilnya getaran setiap lokasi berbeda-beda sesuai struktur tanah. Dalam kondisi struktur tanah labil seperti Lewa dengan getaran IV-V MMI bisa menimbulkan kerusakan seperti tembok retak, jendela kaca pecah, barang-barang terpelanting, dan barang-barang besar bergoyang atau bergeser. Sampai saat ini kita belum mengetahui apakah ada rumah yang rusak. Kalau di daerah yang getarannya kuat dan bangunan temboknya tidak kuat bisa terjadi keretakan.

Sementara itu, masyarakat Kota Waingapu sempat panik dan berhamburan keluar rumah saat terjadi gempa. Beberapa di antaranya takut masuk kembali ke dalam rumah karena khawatir ada gempa susulan. Getaran gempa kali ini cukup lama, sekitar satu menit.

Warga di pesisir Pantai Waingapu juga berlarian keluar rumah. Namun karena dalam tempo sekitar 10 menit tidak ada tanda-tanda tsunami, mereka kembali ke rumah, dari pantauan alat pendeteksi gempa sejauh ini tidak ditemukan gempa susulan.

Sumber: kompas.com

0 Response to Gempa Melanda Waingapu

Posting Komentar