Pengertian Algoritma dan Pemrograman


Algoritma adalah bahasa yang dipergunakan antar manusia. Algoritma ini akan diubah bentuknya menjadi bahasa Pemrograman. Pemrograman adalah sebuah bahasa yang dimengerti oleh komputer.Instruksi yang dimasukkan oleh user (pemakai) ke dalam memory komputer selalu akan dibaca, dimengerti dan dilaksanakan oleh prosesor.
Algoritma dan pemrograman adalah sebuah aturan yang harus dibaca, dimengerti, dan dilaksanakan jika tidak itu bukanlah aturan. Algoritma yang diterjemahkan dalam bahasa pemrograman sehingga dapat diproses dalam komputer. Perintah untuk membuat program dapat dibagi menjadi algoritma dan pemrograman.

Bahasa pemrograman ada sekitar 500 buah, diantaranya adalah bahasa Pascal (1931), karena bahasa Pascal memiliki aturan yaitu sintaks diagram bahasa Pascal mendasari bahasa pemrograman yang muncul berikutnya.
Tiap bahasa mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing untuk penyelesaian masalah yang berbeda-beda.
Bahasa Pascal berkembang menjadi bahasa C karena memiliki sifat kompak, kemudian berkembang menjadi C++ untuk pemrograman objek, berkembang menjadi Delphi untuk membantu orang antar muka untuk menjadi lebih baik.

Program dibuat oleh manusia disebut program sumber (source program).
Tetapi karena komputer hanyalah mengerti bahasa mesin yang dinamakan assembly language (program object) yang berupa bit (bilangan digit 0 dan 1) yang kemudian dipergunakan oleh manusia dengan mengaplikasikannya menjadi byte, maka dibutuhkan suatu pengubah untuk dapat mengubah program sumber menjadi program objek.
Pengubah itu terdiri dari 2 macam, yaitu :
1. kompilator : pengubah program sumber menjadi program object yang memiliki keuntungan security tinggi dari tindakan luar yang mau mengubah program,
2. interpreter : penerjemah program sumber menjadi program object yang memiliki kerugian dimana tindakan luar dapat mengubah program.

Macam-macam type :
1. Integer
2. Real
3. Character
4. Boolean

Algoritma dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1. Program
Nama program harus menginterprestasikan hasilnya lalu berikan komentar / arti yang terdiri dari :
 Inisial state (IS) : keadaan mula-mula (contoh :layar bersih)
 Final state (FS) : keadaan akhir
IS dan FS tidak boleh sama.
2. Kamus
Segala sesuatu yang harus dipersiapkan untuk membuat program. Lebih diutamakan mempersiapkan tempat karena program harus diletakkan pada tempat yang benar.
3. Instruksi
Instruksi – instruksi yang kita masukkan.

Untuk memudahkan pengertian mengapa sebuah program dibagi menjadi 3 bagian adalah seperti pada kehidupan sehari-hari dalam membaca sebuah resep makanan. Pada resep ini selalu mengandung nama masakan, kemudian bahan (kamus) yang diperlukan dan dilanjutkan dengan cara membuat (algoritma)makanan tersebut. Kalau ini adalah sebuah resep makanan sup pasti mengandung air yang banyak dan kalau ini adalah resep kue maka pasti ada telur yang harus dimasukkan ke dalamnya. Termasuk pada pembuatannya kalau membuat kue pasti telur harus dikocok, dan sup yang mengandung daging dan sayur yang harus dipotong.

Pada pengajaran mata kuliah disini akan diberikan bahasa Permrograman Pasacal dengan alasan bahwa bahasa ini rigit(kaku). Dengan kekakuannya memudahkan orang untuk mempelajarinya. Artinya kalau tidak begini maka salah, tidak ada tawaran lainnya yang dapat berlaku di dalamnya. Kata “harus” mengikuti caranya harus dilakukan sehingga program yang dibuat pasti benar dan baik.

Contohnya :
Bahasa Pascal menganggap sebuah program adalah sebuah kalimat. Program diberi nama Idenfikasi. Identifikasi program selalu dimulai dengan huruf lalu diikuti dengan huruf lain atau digit (0-9). Untuk membatasi instruksi – instruksinya diletakkan tanda titik koma (;) dan untuk mengakhiri instruksi-instruksi tersebut diletakkan tanda titik (.). Dalam bahasa Pascal untuk memulai program maka digunakan perintah begin dan diakhiri dengan perintah end.

Program terdiri dari beberapa instruksi yang minimal terdiri dari 1 buah instruksi dan tentunya boleh terdiri dari banyak instruksi.
Macam-macam instruksi yang dipelajari yaitu :
1. Keluaran (writeln)
2. Masukan (input)
3. Assignment/ penugasan
4. Analisis kondisi
5. Pengulangan

http://unnes.info/education/pengertian-algoritma-dan-pemrograman

0 Response to Pengertian Algoritma dan Pemrograman

Posting Komentar